STRATEGI GURU DALAM MENCIPTAKAN KONDISI BELAJAR AKTIF PADA SISWA AKSELERASI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI MANGKUBUMEN KIDUL NO.16 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif pada siswa kelas V akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul no...

Deskribapen osoa

Gorde:
Xehetasun bibliografikoak
Egile nagusia: KHUMAIDAH, UMI
Formatua: Thesis
Hizkuntza:English
English
English
English
English
English
English
English
Argitaratua: 2011
Gaiak:
Sarrera elektronikoa:https://eprints.ums.ac.id/13374/
Etiketak: Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
Deskribapena
Gaia:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi dan upaya-upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif pada siswa kelas V akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul No.16. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Akselerasi SD Negeri Mangkubumen Kidul no.16 Surakarta yang berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan dimulai dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Setelah melakukan analisis dan pembahasan terhadap data yang diperoleh, maka dapat dideskripsikan strategi apa saja yang dilakukan guru untuk menciptakan kondisi belajar aktif dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif serta dapat diketahui faktor pendukung dan penghambat penerapan belajar aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada beberapa metode yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif antara lain: Metode pemberian teka teki silang, Metode Pertanyaan Peserta Didik ( Question Student Have ), Berbagi pengetahuan secara aktif ( Active knowledge sharing ), Kekuatan Berdua ( The Power of Two ), dan Belajar dengan Melakukan ( Action Learning ), dan upaya yang dilakukan guru dalam menciptakan kondisi belajar aktif seperti: Memulai apersepsi sebelum masuk pelajaran, Memberikan motivasi, Menggunakan media pembelajaran, Memberikan pujian atau reward, dan Belajar di luar kelas.