PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTIYANINGSIH , EKA DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13367/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995861032206336
author SULISTIYANINGSIH , EKA DWI
author_facet SULISTIYANINGSIH , EKA DWI
author_sort SULISTIYANINGSIH , EKA DWI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan menjadi 50%, 2) siswa yang mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 35,71%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan naik menjadi 64,29%, dan 4) siswa dalam membuat kesimpulan di akhir pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 42,86%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai di atas KKM hanya sebanyak 25% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning dengan pendekatan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan hasil belajarnya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13367
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13367 https://eprints.ums.ac.id/13367/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06) SULISTIYANINGSIH , EKA DWI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Active Learning dengan pendekatan tutor sebaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VI SD Negeri Kartasura 06 yang berjumlah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif melalui metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siswa pada pokok bahasan Aritmetika. Hal ini dapat dilihat dari : 1) keaktifan bertanya siswa dalam pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan menjadi 50%, 2) siswa yang mengemukakan ide atau pendapat sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 35,71%, 3) kemauan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan sebanyak 13,33%, di akhir tindakan naik menjadi 64,29%, dan 4) siswa dalam membuat kesimpulan di akhir pembelajaran sebelum tindakan sebanyak 6,67%, di akhir tindakan naik menjadi 42,86%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah tindakan menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. Sebelum adanya tindakan kelas siswa yang mendapat nilai di atas KKM hanya sebanyak 25% dan di akhir tindakan menjadi 71,43%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran active learning dengan pendekatan tutor sebaya dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga berdampak pula terhadap peningkatan hasil belajarnya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13367/15/LAMPIRAN.pdf SULISTIYANINGSIH , EKA DWI (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070100
spellingShingle L Education (General)
SULISTIYANINGSIH , EKA DWI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING DENGAN PENDEKATAN TUTOR SEBAYA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VI SD Negeri Kartasura 06)
title_sort penerapan model pembelajaran active learning dengan pendekatan tutor sebaya sebagai upaya meningkatkan minat dan hasil belajar siswa ptk pembelajaran matematika kelas vi sd negeri kartasura 06
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13367/
work_keys_str_mv AT sulistiyaningsihekadwi penerapanmodelpembelajaranactivelearningdenganpendekatantutorsebayasebagaiupayameningkatkanminatdanhasilbelajarsiswaptkpembelajaranmatematikakelasvisdnegerikartasura06