HUBUNGAN INTENSITAS BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD NEGERI MAKAMHAJI 03 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang t...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: SUTARYANTO , SUTARYANTO
Format: Disertacija
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2011
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/13365/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
Opis
Sažetak:Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui hubungan antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Hipotesis yang diuji: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Populasi berjumlah 48 siswa, karena jumlah populasi kurang dari 100, maka seluruh populasi dijadikan sampel dalam penelitian, dengan pertimbangan untuk mengurangi resiko kesalahan dalam pengambilan sampel. Variabel bebasnya yaitu intensitas bimbingan belajar orang tua, sedangkan variabel terikatnya yaitu prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Uji Prasyarat analisis dengan menggnakan uji normalitas, uji linieritas dan uji keberartian. Dengan α= 5% diperoleh hasil: ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD Negeri Makamhaji 03 Kartasura tahun pelajaran 2010/2011, dengan thitung = 11,55 dan ttabel = 1,684. Karena thitung � ttabel, maka hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Oleh karena itu dapat diartikan bahwa ada hubungan yang positif antara intensitas bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa.