PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SISWA KELAS IV SD NEGERI KEDAWUNG 1 TAHUN 2010/2011
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13311/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui penerapan strategi
pembelajaran everyone is a teacher here. Jenis penelitian ini adalah PTK
(penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian atau penerima tindakan adalah
siswa kelas IV SD Negeri Kedawung 1 yang berjumlah 33 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dalam
pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada pokok bahasan peta legenda.
Hal ini dapat dilihat dari: a) keaktifan dan antusiasme siswa dalam mejelaskan
materi pembelajaran sebelum di adakan tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20
siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33 siswa. b) mengerjakan soal latihan sebelum
diadakan tindakan sebnyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus
III 33 siswa. c) keaktifan siswa mengajukan atau menjawab pertanyaan sebelum
tindakan sebanyak 15 siswa, siklus I 20 siswa, siklus II 24 siswa, siklus III 33
siswa. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum tindakan dan sesudah tindakan
menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi hasil belajar siswa dengan adanya
kenaikan KKM siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, nilai KKM siswa hanya
sebesar 59,11%, siklus I sebesar 62,04%, siklus II sebesar 65,83% dan pada siklus
III sebesar 71,02%. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil
kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS). |
---|