PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI JANTI 1 KLATEN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK MATERI BANGUN DATAR (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas IV SD N Janti 1, Klaten)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan metode index card match untuk meningkatkanhasil belajar dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IVSD N Janti...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13310/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan penerapan
metode index card match untuk meningkatkanhasil belajar dalam pembelajaran
matematika. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan
kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IVSD N Janti I Klaten yang
berjumlah 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif
kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan persegi
dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemampuan siswa dalam
menjawab pertanyaan guru atau mengerjakan soal ke depan kelas sebelum
diadakan tindakan sebesar 17,64 %, pada putaran I sebesar 29,41 %, pada putaran
II sebesar 41,17 %, dan di akhir putaran mencapai 58,82 %, 2) memberikan
tanggapan atas jawaban siswa lain sebelum diadakan tindakan sebesar 5,88 %,
pada putaran I sebesar 17,64 %, pada putaran II sebesar 29,41 %, di akhir putaran
mencapai 47,05 %, 3) mengajukan ide atau tanggapan pada guru sebelum
diadakan tindakan sebesar 17,64 %, pada putaran I sebesar 23,52 %, pada putaran
II sebesar 29,41 %, di akhir putaran mencapai 41,17 %, 4) membuat kesimpulan
materi sebelum diadakan tindakan sebesar 11,76%, pada putaran I sebesar 29,41
%, pada putaran II sebesar 35,29 %, di akhir putaran mencapai 58,82 %, serta 5)
menyelesaikan soal sesuai KKM sebelum diadakan tindakan sebesar 47,05 %,
pada putaran I sebesar 58,82 %, pada putaran II sebesar 70,58 %, dan di akhir
putaran mencapai 88,24 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan
metode index card match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran matematika pokok materi bangun datar.
|
---|