PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI CAHAYA DAN SIFAT-SIFATNYA PADA SISWA KELAS V SDN 2 SISWODIPURAN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan penerapan metode inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 2 Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali yang berjum...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13309/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan
Alam dengan penerapan metode inquiry. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 2
Siswodipuran Kecamatan Boyolali Kabupaten Boyolali yang berjumlah 15
siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru kelas V.
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pokok yaitu
wawancara, observasi, tes/pemberian tugas. Teknik analisis data dilakukan
secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data menggunakan
teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan metode inquiry hasil belajar IPA meningkat. Hal
itu ditandai dengan adanya peningkatan hasil belajar IPA materi cahaya dan
sifat-sifatnya, rata-rata hasil belajar sebelum tindakan 58.66%. Pada siklus 1
rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 64%, siklus 2 meningkat
menjadi 75.14%, dan pada siklus ke III meningkat menjadi 84.93%.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa meningkatnya hasil belajar IPA
dengan mengunakan metode inquiry. |
---|