STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah meto...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI , AMIN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13308/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995845376966656
author HANDAYANI , AMIN
author_facet HANDAYANI , AMIN
author_sort HANDAYANI , AMIN
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010 /2011. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA untuk kelas eksperimen menggunakan strategi TPS dan kelas IVB kelas kontrol menggunakan strategi NHT. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) terdiri dari strategi TPS dan strategi NHT sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,214 > 2,021, sehingga H0 ditolak, berarti ada perbedaan hasil belajar IPA yang proses pembelajarannya menggunakan strategi TPS dibandingkan dengan menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV SDN 6 Sragen Tahun 2010 / 2011. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,7 > 69,3, berarti hasil belajar IPA siswa yang dikenai strategi TPS lebih baik jika dibandingkan dengan strategi NHT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi TPS dengan pembelajaran menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13308
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13308 https://eprints.ums.ac.id/13308/ STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011 HANDAYANI , AMIN L Education (General) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010 /2011. Penelitian ini termasuk penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA untuk kelas eksperimen menggunakan strategi TPS dan kelas IVB kelas kontrol menggunakan strategi NHT. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas (X) terdiri dari strategi TPS dan strategi NHT sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,214 > 2,021, sehingga H0 ditolak, berarti ada perbedaan hasil belajar IPA yang proses pembelajarannya menggunakan strategi TPS dibandingkan dengan menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV SDN 6 Sragen Tahun 2010 / 2011. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,7 > 69,3, berarti hasil belajar IPA siswa yang dikenai strategi TPS lebih baik jika dibandingkan dengan strategi NHT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi TPS dengan pembelajaran menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/1/cover_depanx.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/2/BAB_Ix.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/8/BAB_IVx.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/10/BAB_Vx.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13308/14/LAMPIRANx.pdf HANDAYANI , AMIN (2011) STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070208
spellingShingle L Education (General)
HANDAYANI , AMIN
STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort studi komparasi antara strategi think pair share tps dengan strategi numbered heads together nht terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas iv sd n 6 sragen tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13308/
work_keys_str_mv AT handayaniamin studikomparasiantarastrategithinkpairsharetpsdenganstrateginumberedheadstogethernhtterhadaphasilbelajaripapadasiswakelasivsdn6sragentahunajaran20102011