STUDI KOMPARASI ANTARA STRATEGI THINK-PAIR-SHARE (TPS) DENGAN STRATEGI NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD N 6 SRAGEN TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah meto...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13308/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara
pembelajaran menggunakan strategi Think-Pair-Share (TPS) dengan strategi
Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen
tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
Semester I SDN 6 Sragen tahun ajaran 2010 /2011. Penelitian ini termasuk
penelitian populasi yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas IVA untuk kelas
eksperimen menggunakan strategi TPS dan kelas IVB kelas kontrol menggunakan
strategi NHT. Teknik uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan
metode Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett Variabel
penelitian terdiri dari variabel bebas (X) terdiri dari strategi TPS dan strategi NHT
sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data
dengan tes dan dokumentasi dimana instrumen soal telah diuji validitas dan
reliabilitas tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil analisis
data dengan nilai thitung > ttabel, yaitu 2,214 > 2,021, sehingga H0 ditolak, berarti ada
perbedaan hasil belajar IPA yang proses pembelajarannya menggunakan strategi
TPS dibandingkan dengan menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV SDN
6 Sragen Tahun 2010 / 2011. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPA kelas
eksperimen lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,7 > 69,3, berarti hasil belajar
IPA siswa yang dikenai strategi TPS lebih baik jika dibandingkan dengan strategi
NHT. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan hasil belajar IPA
antara pembelajaran menggunakan strategi TPS dengan pembelajaran
menggunakan strategi NHT pada siswa kelas IV semester I SDN 6 Sragen tahun
ajaran 2010/2011.
|
---|