PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ind...
সংরক্ষণ করুন:
প্রধান লেখক: | |
---|---|
বিন্যাস: | গবেষণাপত্র |
ভাষা: | English English English English English English English English |
প্রকাশিত: |
2011
|
বিষয়গুলি: | |
অনলাইন ব্যবহার করুন: | https://eprints.ums.ac.id/13307/ |
ট্যাগগুলো: |
ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
|
_version_ | 1804995845108531200 |
---|---|
author | SETYANINGSIH , RINI |
author_facet | SETYANINGSIH , RINI |
author_sort | SETYANINGSIH , RINI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa
kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran
Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran
Scramble.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 01 Kartasura
tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 54 siswa dari dua kelas. Kelas eksperimen
sebagai kelas IV A 28 siswa dan kelas kontrol sebagai kelas IV B 26 siswa.
Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Uji instrumen
(Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Sebelum dianalisis
data di uji normalitasnya dengan metode lilliefors. Teknik analisis menggunakan
rumus t-tes.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes
diperoleh hitung t = 4,388 dan
tabel
t = 2,086 dengan taraf signifikasi 0,05. Karena
hitung t >
tabel
t . Berarti ada perbedaan kemampuan antara siswa yang diberi
perlakuan strategi Scramble dengan siswa yang diberi perlakuan strategi Index
Card Match. Jika dilihat dari mean kedua kelompok (kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen) dimana mean kontrol= 71,54 dan mean eksperimen =
81,61 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Index Card Match
lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan strategi Scramble. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13307 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13307 https://eprints.ums.ac.id/13307/ PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 SETYANINGSIH , RINI L Education (General) Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran Scramble. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 54 siswa dari dua kelas. Kelas eksperimen sebagai kelas IV A 28 siswa dan kelas kontrol sebagai kelas IV B 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Sebelum dianalisis data di uji normalitasnya dengan metode lilliefors. Teknik analisis menggunakan rumus t-tes. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh hitung t = 4,388 dan tabel t = 2,086 dengan taraf signifikasi 0,05. Karena hitung t > tabel t . Berarti ada perbedaan kemampuan antara siswa yang diberi perlakuan strategi Scramble dengan siswa yang diberi perlakuan strategi Index Card Match. Jika dilihat dari mean kedua kelompok (kelompok kontrol dan kelompok eksperimen) dimana mean kontrol= 71,54 dan mean eksperimen = 81,61 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Index Card Match lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan strategi Scramble. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/15/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/17/LAMPIRAN.pdf SETYANINGSIH , RINI (2011) PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070197 |
spellingShingle | L Education (General) SETYANINGSIH , RINI PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | perbedaan strategi index card match dan scramble terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas iv sd negeri gumpang 01 kartasura tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13307/ |
work_keys_str_mv | AT setyaningsihrini perbedaanstrategiindexcardmatchdanscrambleterhadaphasilbelajarmatematikapokokbahasanpecahansiswakelasivsdnegerigumpang01kartasuratahunajaran20102011 |