PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ind...

সম্পূর্ণ বিবরণ

সংরক্ষণ করুন:
গ্রন্থ-পঞ্জীর বিবরন
প্রধান লেখক: SETYANINGSIH , RINI
বিন্যাস: গবেষণাপত্র
ভাষা:English
English
English
English
English
English
English
English
প্রকাশিত: 2011
বিষয়গুলি:
অনলাইন ব্যবহার করুন:https://eprints.ums.ac.id/13307/
ট্যাগগুলো: ট্যাগ যুক্ত করুন
কোনো ট্যাগ নেই, প্রথমজন হিসাবে ট্যাগ করুন!
_version_ 1804995845108531200
author SETYANINGSIH , RINI
author_facet SETYANINGSIH , RINI
author_sort SETYANINGSIH , RINI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran Scramble. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 54 siswa dari dua kelas. Kelas eksperimen sebagai kelas IV A 28 siswa dan kelas kontrol sebagai kelas IV B 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Sebelum dianalisis data di uji normalitasnya dengan metode lilliefors. Teknik analisis menggunakan rumus t-tes. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh hitung t = 4,388 dan tabel t = 2,086 dengan taraf signifikasi 0,05. Karena hitung t > tabel t . Berarti ada perbedaan kemampuan antara siswa yang diberi perlakuan strategi Scramble dengan siswa yang diberi perlakuan strategi Index Card Match. Jika dilihat dari mean kedua kelompok (kelompok kontrol dan kelompok eksperimen) dimana mean kontrol= 71,54 dan mean eksperimen = 81,61 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Index Card Match lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan strategi Scramble.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13307
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13307 https://eprints.ums.ac.id/13307/ PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 SETYANINGSIH , RINI L Education (General) Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran Scramble. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 54 siswa dari dua kelas. Kelas eksperimen sebagai kelas IV A 28 siswa dan kelas kontrol sebagai kelas IV B 26 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Uji instrumen (Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Sebelum dianalisis data di uji normalitasnya dengan metode lilliefors. Teknik analisis menggunakan rumus t-tes. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes diperoleh hitung t = 4,388 dan tabel t = 2,086 dengan taraf signifikasi 0,05. Karena hitung t > tabel t . Berarti ada perbedaan kemampuan antara siswa yang diberi perlakuan strategi Scramble dengan siswa yang diberi perlakuan strategi Index Card Match. Jika dilihat dari mean kedua kelompok (kelompok kontrol dan kelompok eksperimen) dimana mean kontrol= 71,54 dan mean eksperimen = 81,61 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Index Card Match lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan strategi Scramble. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/2/BAB_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/15/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13307/17/LAMPIRAN.pdf SETYANINGSIH , RINI (2011) PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070197
spellingShingle L Education (General)
SETYANINGSIH , RINI
PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort perbedaan strategi index card match dan scramble terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan pecahan siswa kelas iv sd negeri gumpang 01 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13307/
work_keys_str_mv AT setyaningsihrini perbedaanstrategiindexcardmatchdanscrambleterhadaphasilbelajarmatematikapokokbahasanpecahansiswakelasivsdnegerigumpang01kartasuratahunajaran20102011