PERBEDAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN PECAHAN SISWA KELAS IV SD NEGERI GUMPANG 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Ind...
Sparad:
Huvudupphovsman: | |
---|---|
Materialtyp: | Lärdomsprov |
Språk: | English English English English English English English English |
Publicerad: |
2011
|
Ämnen: | |
Länkar: | https://eprints.ums.ac.id/13307/ |
Taggar: |
Lägg till en tagg
Inga taggar, Lägg till första taggen!
|
Sammanfattning: | Tujuan penelitian ini 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
matematika melalui strategi pembelajaran Scramble dan Index Card Match siswa
kelas IV SDN Gumpang 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, 2) untuk
mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi pembelajaran
Index Card Match lebih baik dibandingkan dengan strategi pembelajaran
Scramble.
Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Gumpang 01 Kartasura
tahun ajaran 2010/2011 berjumlah 54 siswa dari dua kelas. Kelas eksperimen
sebagai kelas IV A 28 siswa dan kelas kontrol sebagai kelas IV B 26 siswa.
Pengambilan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Uji instrumen
(Try Out) dilakukan dengan uji Validitas dan Relliabilitas. Sebelum dianalisis
data di uji normalitasnya dengan metode lilliefors. Teknik analisis menggunakan
rumus t-tes.
Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus t-tes
diperoleh hitung t = 4,388 dan
tabel
t = 2,086 dengan taraf signifikasi 0,05. Karena
hitung t >
tabel
t . Berarti ada perbedaan kemampuan antara siswa yang diberi
perlakuan strategi Scramble dengan siswa yang diberi perlakuan strategi Index
Card Match. Jika dilihat dari mean kedua kelompok (kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen) dimana mean kontrol= 71,54 dan mean eksperimen =
81,61 dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi Index Card Match
lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan strategi Scramble. |
---|