PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri Pabelan 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13306/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Talking Stick
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD
Negeri Pabelan 01 Kartasura. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.
Subyek penerima tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri
Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011 sebanyak 20 siswa. Data
dikumpulkan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model analisis
interaktif. Hasil penelitian menunjukkan prosentase ketuntasan belajar siswa yang
mencapai KKM (≥65) yaitu 8 siswa (40%) sebelum tindakan. Putaran I meningkat
menjadi 12 siswa (60%), dan putaran II (putaran terakhir) meningkat lagi menjadi
17 siswa (85%). Nilai rata-rata kelas sebelum tindakan 57,25 meningkat menjadi
66,75 pada putaran I. Pada putaran II (putaran terakhir) meningkat menjadi 77,95.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Talking Stick
dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD
Negeri Pabelan 01 Kartasura. |
---|