PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA TENTANG PENYESUAIAN DIRI HEWAN DENGAN LINGKUNGAN MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MINIATUR HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN NGRECO 2 WERU SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA tentang Penyesuaian Diri Hewan melalui penggunaan alat peraga miniatur hewan pada siswa kelas V SDN Ngreco 2, Weru, Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek pen...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13305/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA
tentang Penyesuaian Diri Hewan melalui penggunaan alat peraga miniatur hewan
pada siswa kelas V SDN Ngreco 2, Weru, Sukoharjo tahun ajaran 2010/2011.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penerima tindakan
adalah siswa kelas V SD Negeri Ngreco 2, Weru, Sukoharjo yang berjumlah 21
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui pedoman observasi, tes dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar
siswa kelas V dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai
rata-rata kelas mata pelajaran IPA yang mencapai ketuntasan belajar ≥ 80 dari
siklus I, II dan II mengalami peningkatan, serta keaktifan dan antusias siswa
dalam mengikuti proses belajar mengajar mengalami perubahan yang signifikan
berkat penerapan metode penggunaan alat peraga miniatur hewan ini. Berikut ini
dijelaskan secara singkat peningkatan yang dicapai dari siklus ke siklus mengenai
beberapa aspek : siswa aktif mengajukan pertanyaan pada siklus I sebanyak 2
siswa (9,52%), siklus II 8 siswa (38,09%), siklus III 10 siswa (47,61%), siswa
aktif menjawab pertanyaan pada siklus I sebanyak 4 siswa (19,04%), siklus II 7
siswa (33,33%), siklus III 15 siswa (71,42%), siswa aktif menyampiakan pendapat
pada siklus I sebanyak 2 siswa (9,52%), siklus II 5 siswa (23,80%), siklus III 12
siswa (57,14%), dan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan belajar pada siklus I
sebanyak 3 siswa (14,28%), siklus II 14 siswa (66,66%), siklus III 21 siswa
(100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
penggunaan alat peraga miniatur hewan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran IPA dalam materi Penyesuaian diri hewan terhadap
lingkungan pada kelas V SDN Ngreco 2, Weru, Sukoharjo. |
---|