PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan Question Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13303/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995844014866432 |
---|---|
author | NURHAYATI , FITRI |
author_facet | NURHAYATI , FITRI |
author_sort | NURHAYATI , FITRI |
collection | ePrints |
description | Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan Question
Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran
IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo
tahun ajaran 2010/2011.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian
ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus yang bertujuan untuk
memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian ini adalah penerapan Question Student Have Strategy dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber
Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Dari
siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup
baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari
nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai
hasil rata-rata ulangan 64,08, siklus II 73,53 sedangakan siklus III adalah 87,20.
Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang
menyatakan “Adanya peningkatan hasil belajar melalui Question Student Have
Strategy dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa
kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima
kebenarannya. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13303 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13303 https://eprints.ums.ac.id/13303/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 NURHAYATI , FITRI L Education (General) Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan Question Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan tiga kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah penerapan Question Student Have Strategy dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang cukup baik. Hal ini ditunjukkan pada penilaian aspek kognitif yang dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan siswa disetiap siklus. Dalam siklus I mempunyai nilai hasil rata-rata ulangan 64,08, siklus II 73,53 sedangakan siklus III adalah 87,20. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini, hipotesis yang menyatakan “Adanya peningkatan hasil belajar melalui Question Student Have Strategy dalam pelajaran IPA perihal materi Sumber Daya Alam pada siswa kelas V SDN 03 Jatimulyo tahun ajaran 2010/2011 terbukti dan dapat diterima kebenarannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/1/02_COVER_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/2/03_BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/3/04_BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/11/05_BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/13/06_BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/15/07_BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/17/08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13303/19/09_LAMPIRAN.pdf NURHAYATI , FITRI (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070143 |
spellingShingle | L Education (General) NURHAYATI , FITRI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI QUESTION STUDENT HAVE STRATEGY DALAM PELAJARAN IPA PERIHAL MATERI SUMBER DAYA ALAM PADA KELAS V SDN 03 JATIMULYO DI KARANGANYAR TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | peningkatan hasil belajar melalui question student have strategy dalam pelajaran ipa perihal materi sumber daya alam pada kelas v sdn 03 jatimulyo di karanganyar tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13303/ |
work_keys_str_mv | AT nurhayatifitri peningkatanhasilbelajarmelaluiquestionstudenthavestrategydalampelajaranipaperihalmaterisumberdayaalampadakelasvsdn03jatimulyodikaranganyartahunajaran20102011 |