PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN STRATEGI SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI PABELAN 01 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, o...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13302/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan
penerapan strategi sains teknologi dan masyarakat pada siswa kelas VI SD Negeri
Pabelan 01 Kartasura Tahun Ajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi dengan strategi sains teknologi dan masyarakat yang dilakukan dalam dua
siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan afektif dalam setiap
siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai rata-rata
kognitif siswa pada siklus I meningkat menjadi 73,68 dari nilai awal sebesar
68,68; sedangkan nilai rata-rata afektif pada siklus I sebesar 14,89 (termasuk
kategori cukup berminat). Nilai rata-rata kognitif pada siklus II meningkat
menjadi 81,57 dari siklus I yang hanya73,68; sedangkan nilai rata-rata afektif
meningkat menjadi 16,52 (termasuk kategori berminat). Berdasarkam hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi
sains teknologi dan masyarakat dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada kelas
VI SD Negeri Pabelan 01 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.
|
---|