PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMBI TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ne...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13301/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan
siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan
menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1
Sambi Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang
digunakan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini
menunjukan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode role playing
pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan, hal ini dapat dilihat dari
siswa yang memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75. Sebelum tindakan hanya
sebesar 18,75% (6 siswa), siklus I adanya peningkatan mencapai 46,88% (15
siswa), pada siklus II mencapai 65,62% (21 siswa), dan pada siklus III 96,87%
(31 siswa). Keaktifan siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan, hal
ini dapat dilihat dari: 1) memperhatikan dan Antusias pada pelaksanaan bermain
peran siklus I sebesar 40,63% (13 siswa), siklus II mencapai 62,5% (20 siswa),
dan siklus III mencapai 87,5% (28 siswa), 2) Berani bertanya pada guru siklus I
31,25% (10 siswa), siklus II mencapai 56,25% (18 siswa), dan siklus III mencapai
75% (24 siswa), 3) Berani menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 40,63% (13
siswa), siklus II 56,25% (18 siswa), Siklus III 65,63% (21 siswa), 4) Mandiri
dalam membuat resuman bermain peran dan mengerjakan soal pada siklus I I
53,13 (17 siswa), siklus II 68,75% (22siswa), siklus III 81,25% (26 siswa). Hasil
penelitian ini maka penggunaan metode Role playing dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sambi Boyolali pada mata pelajaran IPS materi
Proklamasi Kemerdekaan.
|
---|