PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI PROKLAMASI KEMERDEKAAN MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SAMBI TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ne...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WAHYUNINGSIH, HESTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13301/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan metode Role Playing. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Sambi Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan metode role playing pada pembelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan, hal ini dapat dilihat dari siswa yang memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 75. Sebelum tindakan hanya sebesar 18,75% (6 siswa), siklus I adanya peningkatan mencapai 46,88% (15 siswa), pada siklus II mencapai 65,62% (21 siswa), dan pada siklus III 96,87% (31 siswa). Keaktifan siswa pada pembelajaran IPS mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari: 1) memperhatikan dan Antusias pada pelaksanaan bermain peran siklus I sebesar 40,63% (13 siswa), siklus II mencapai 62,5% (20 siswa), dan siklus III mencapai 87,5% (28 siswa), 2) Berani bertanya pada guru siklus I 31,25% (10 siswa), siklus II mencapai 56,25% (18 siswa), dan siklus III mencapai 75% (24 siswa), 3) Berani menjawab pertanyaan pada siklus I sebesar 40,63% (13 siswa), siklus II 56,25% (18 siswa), Siklus III 65,63% (21 siswa), 4) Mandiri dalam membuat resuman bermain peran dan mengerjakan soal pada siklus I I 53,13 (17 siswa), siklus II 68,75% (22siswa), siklus III 81,25% (26 siswa). Hasil penelitian ini maka penggunaan metode Role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Sambi Boyolali pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan.