PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEDEN 2 KECAMATAN KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011
Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh pola tua terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matemati...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13299/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh pola tua
terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar
terhadap prestasi belajar matematika, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh
orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa
kelas V di SD Negeri Keden 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun
Pelajaran 2010 / 2011.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian
adalah siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten
Sragen yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan
adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi
ganda, uji F, uji T, determinasi dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif.
Hasil analisis data dengan persamaan regresi berganda di temukan Y =
12,053 + 0,555 X1 + 0,425 X2. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan
bahwa : (1) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil
analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 3,038 > 2,048 di terima
pada signifikansi 5%. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap
prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini
terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,617 >
2,048 di terima pada signifikansi 5%. (3) Pola asuh orang tua dan kemandirian
belajar secara bersama – sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar
matematika siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil
uji F yang memperole Fhitung X2 > Ftabel yaitu (15,601 > 3,340) diterima pada taraf
signifikansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar =
0,527 yang artinya pola asuh orang tua dan kemandirian belajar dapat
meningkatkan prestasi belajar sebesar 52%. (5) Hasil perhitungan sumbangan
efektif dan sumbangan relatif menunjukkan bahwa variable pola asuh orang tua
memberikan sumbangan efektif 22,8%, variable kemandirian belajar memberikan
sumbangan efektif 29,9%, sehingga totak sumbangan pola asuh orang tua dan kemandirian belajar matematika sebesar 52,7% dan sisanya 47,3% di pengaruhi
oleh variabel yang tidak diteliti.
|
---|