PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KEDEN 2 KECAMATAN KALIJAMBE KABUPATEN SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh pola tua terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matemati...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KURNIAWATI , ERNI DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13299/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan yaitu 1) Untuk mengetahui pengaruh pola tua terhadap prestasi belajar matematika, 2) Untuk mengetahui kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika, 3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2010 / 2011. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda, uji F, uji T, determinasi dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Hasil analisis data dengan persamaan regresi berganda di temukan Y = 12,053 + 0,555 X1 + 0,425 X2. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa : (1) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 3,038 > 2,048 di terima pada signifikansi 5%. (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 3,617 > 2,048 di terima pada signifikansi 5%. (3) Pola asuh orang tua dan kemandirian belajar secara bersama – sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Negeri Keden 2 Sragen. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperole Fhitung X2 > Ftabel yaitu (15,601 > 3,340) diterima pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil uji koefisien determinasi memperoleh nilai sebesar = 0,527 yang artinya pola asuh orang tua dan kemandirian belajar dapat meningkatkan prestasi belajar sebesar 52%. (5) Hasil perhitungan sumbangan efektif dan sumbangan relatif menunjukkan bahwa variable pola asuh orang tua memberikan sumbangan efektif 22,8%, variable kemandirian belajar memberikan sumbangan efektif 29,9%, sehingga totak sumbangan pola asuh orang tua dan kemandirian belajar matematika sebesar 52,7% dan sisanya 47,3% di pengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.