PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURAINI , RIRIN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13297/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995842356019200
author NURAINI , RIRIN
author_facet NURAINI , RIRIN
author_sort NURAINI , RIRIN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan fotosintesis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan fotosintesis setelah diterapkan strategi mind map dari 18 % pada pra siklus, 29 % pada siklus I, 54 % pada siklus II, dan 94% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13297
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13297 https://eprints.ums.ac.id/13297/ PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN NURAINI , RIRIN L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan fotosintesis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan fotosintesis setelah diterapkan strategi mind map dari 18 % pada pra siklus, 29 % pada siklus I, 54 % pada siklus II, dan 94% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/1/2_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/2/3_Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/3/4_bab_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/6/5_Bab_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/7/6_Bab_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/13/7_Bab_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/15/8_Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13297/16/9_Lampiran.pdf NURAINI , RIRIN (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070072
spellingShingle L Education (General)
NURAINI , RIRIN
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title_full PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title_fullStr PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title_full_unstemmed PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title_short PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
title_sort peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi mind map pada pembelajaran ipa pokok bahasan fotosintesis kelas v sekolah dasar negeri i kuripan kecamatan purwodadi kabupaten grobogan
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13297/
work_keys_str_mv AT nurainiririn peningkatanhasilbelajarsiswamelaluistrategimindmappadapembelajaranipapokokbahasanfotosintesiskelasvsekolahdasarnegeriikuripankecamatanpurwodadikabupatengrobogan