PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: NURAINI , RIRIN
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13297/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan fotosintesis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami peningkatan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan fotosintesis setelah diterapkan strategi mind map dari 18 % pada pra siklus, 29 % pada siklus I, 54 % pada siklus II, dan 94% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA.