PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA PEMBELAJARAN IPA POKOK BAHASAN FOTOSINTESIS KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI I KURIPAN KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN GROBOGAN
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13297/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok
bahasan fotosintesis melalui strategi mind map. Jenis penelitian ini adalah PTK
(Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD
N I Kuripan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Untuk menjamin validitas
data digunakan teknik triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa pada pokok bahasan
fotosintesis. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang mengalami
peningkatan hasil belajar IPA khususnya pokok bahasan fotosintesis setelah
diterapkan strategi mind map dari 18 % pada pra siklus, 29 % pada siklus I, 54 %
pada siklus II, dan 94% pada siklus III. Penelitian ini menyimpulkan bahwa
dengan menggunakan strategi mind map dapat meningkatkan hasil belajar siswa
dalam mata pelajaran IPA. |
---|