PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARDOWO 2 (Tahun Ajaran 2010 / 2011)

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah...

Descripción completa

Guardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor principal: NURAINI , ANNISA’ DHIAN
Formato: Tesis
Lenguaje:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2011
Materias:
Acceso en línea:https://eprints.ums.ac.id/13296/
Etiquetas: Agregar Etiqueta
Sin Etiquetas, Sea el primero en etiquetar este registro!
Descripción
Sumario:Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik pengujian ini diproses dengan triangulasi data. Teknik triangulasi adalah teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain. Triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis dari berbagai sumber data yang berbeda. Triangulasi metode dilakukan dengan cara mengumpulkan data sejenis tetapi dengan menggunakan teknik atau metode pengumpulan data yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran menulis karangan narasi.Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang sebelumnya hanya 46,58%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi 50,48% ( mengalami peningkatan sebesar 3,9% ). Pada siklus II hasil belajar yang dicapai 61,70% ( mengalami peningkatan sebesar 11,22% ). Sedangkan pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami peningkatan sebesar 24,59% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.