PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI POKOK MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BANJARDOWO 2 (Tahun Ajaran 2010 / 2011)
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi melalui media gambar seri pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13296/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar
bahasa Indonesia tentang menulis karangan narasi melalui media gambar seri
pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2 Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis
penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah yaitu Apakah
media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia
tentang menulis karangan narasi pada siswa kelas V SD Negeri Banjardowo 2
Tahun Ajaran 2010/2011. Metode Pengumpulan data dengan menggunakan
metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan teknik tes. Teknik pengujian
ini diproses dengan triangulasi data. Teknik triangulasi adalah teknik
pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain.
Triangulasi sumber adalah teknik pengumpulan data yang sejenis dari
berbagai sumber data yang berbeda. Triangulasi metode dilakukan dengan
cara mengumpulkan data sejenis tetapi dengan menggunakan teknik atau
metode pengumpulan data yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan hasil belajar pada materi pembelajaran menulis karangan
narasi.Hal ini dapat dilihat dari dari peningkatan hasil belajar siswa yang
sebelumnya hanya 46,58%. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai menjadi
50,48% ( mengalami peningkatan sebesar 3,9% ). Pada siklus II hasil belajar
yang dicapai 61,70% ( mengalami peningkatan sebesar 11,22% ). Sedangkan
pada siklus III hasil belajar yang dicapai menjadi 86,29% ( mengalami
peningkatan sebesar 24,59% ). Penelitian ini menyimpulkan bahwa
penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa
Indonesia. |
---|