PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KESULITAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PURWOSUMAN 1 SIDOHARJO SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA; 2) pengaruh kesulitan belajar terhadap prestasi belajar IPA; 3) pengaruh gaya belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwosuman 1 Sidoharj...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUTOHAROH, EKA DEWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13295/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA; 2) pengaruh kesulitan belajar terhadap prestasi belajar IPA; 3) pengaruh gaya belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwosuman 1 Sidoharjo, Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistic. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Purwosumann 1 Sidoharjo Sragen tahun pelajaran 2010/2011 sejumlah 35 siswa. Seluruh populasi itu dijadikan sampel. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, dan uji keberartian koefisien regresi linear ganda (uji t) serta uji F. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y = 69,127 + 0,697x1 – 0,817x2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya kesulitan belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) gaya belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri Purwosuman 1 Sidoharjo Sragen. Hasil uji t memperoleh nilai thitung > ttabel (2,331 > 1,692) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi gaya belajar terhadap prestasi belajar IPA adalah sebesar 2,331; 2) kesulitan belajar berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar IPA. Hasil uji t memperoleh thitung < ttabel (-2,695 < 1,692) pada taraf signifikansi 5%. Kontribusi kesulitan belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar -2,695. Berdasarkan uji F diketahui bahwa Hipotesis diterima karena Fhitung > Ftabel (4,961 > 2,53) pada nilai signifikansi 5%. Sedangkan sumbangan yang diberikan oleh masing-masing variabel adalah sebagai berikut: 1) gaya belajar memberikan sumbangan relative sebesar 39,97% dan sumbangan efektif sebesar 9,46%; 2) kesulitan belajar memberikan sumbangan relative sebesar 60,03% dan sumbangan efektive sebesar 14,21%. Jumlah sumbangan yang diberikan oleh gaya belajar dan kesulitan belajar terhadap prestasi belajar adalah 23,7% sedangkan 76,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.