STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PERNAPASAN PADA HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN WIROGUNAN O1 KTS TH. 2010/ 2011

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada hewan antara metode kooperatif jigsaw dengan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Wirogunan 01 Kartasura tahun 2010/ 2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wiroguna...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: Afriyani, David
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
English
English
English
English
English
English
Được phát hành: 2011
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/13294/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada hewan antara metode kooperatif jigsaw dengan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Wirogunan 01 Kartasura tahun 2010/ 2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wirogunan 01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran kooperatif jigsaw dan metode ceramah sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh t = 0,00 < t = 2,00172. Hal ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok alat pernapasan pada hewan sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data post test diperoleh t = 40,0855 > t = 2,00172. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada hewan antara metode kooperatif jigsaw dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode kooperatif jigsaw lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode ceramah. Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi alat pernapasan pada hewan dapat digunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw karena terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran IPA materi alat pernapasan pada hewan.