STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN METODE CERAMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PERNAPASAN PADA HEWAN PADA SISWA KELAS V SDN WIROGUNAN O1 KTS TH. 2010/ 2011
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada hewan antara metode kooperatif jigsaw dengan metode ceramah pada siswa kelas V SDN Wirogunan 01 Kartasura tahun 2010/ 2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wiroguna...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13294/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA
materi alat pernapasan pada hewan antara metode kooperatif jigsaw dengan
metode ceramah pada siswa kelas V SDN Wirogunan 01 Kartasura tahun 2010/
2011. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Wirogunan
01 Kartasura. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode pembelajaran
kooperatif jigsaw dan metode ceramah sebagai variabel bebas, dan hasil belajar
siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode
dokumentasi, tes, dan wawancara. Analisis data menggunakan t test.
Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa rata-rata hasil pre test kedua
kelompok sebesar 72. Hasil uji t diperoleh t = 0,00 < t = 2,00172. Hal
ini menunjukkan bahwa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
mempunyai kemampuan awal yang relatif sama dalam memahami materi pokok
alat pernapasan pada hewan sebelum mengikuti pembelajaran. Rata-rata hasil post
test kelompok eksperimen sebesar 90 dan kelompok kontrol 60. Hasil uji t data
post test diperoleh t = 40,0855 > t = 2,00172. Hal ini berarti ada
perbedaan hasil belajar IPA materi alat pernapasan pada hewan antara metode
kooperatif jigsaw dengan metode ceramah. Rata-rata hasil belajar kelompok
eksperimen yang lebih tinggi menunjukkan pembelajaran dengan metode
kooperatif jigsaw lebih baik dibandingkan pembelajaran dengan metode ceramah.
Beberapa saran yang dapat penulis ajukan berkenaan dengan hasil penelitian
ini yaitu dalam kaitannya dengan pembelajaran IPA materi alat pernapasan pada
hewan dapat digunakan metode pembelajaran kooperatif jigsaw karena terbukti
mampu meningkatkan hasil belajar siswa, oleh karena itu guru hendaknya
mempertimbangkan penggunaan metode ini saat akan melaksanakan pembelajaran
IPA materi alat pernapasan pada hewan. |
---|