PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan mengguna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13293/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995841245577216
author SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
author_facet SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
author_sort SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan menggunakan metode bermain peran dan teknik reka cerita gambar. Dengan populasi yang diteliti dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) sebanyak 21 siswa dan dengan menggunakan teknik reka cerita gambar sebanyak 19 siswa. Setelah masing – masing diberi perlakuan, hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya metode bermain peran (role playing) kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat.Begitu juga dengan adanya teknik reka cerita gambar, kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto Wonogiri meningkat. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan metode bermain peran, bahwa posttest > pretest yaitu 79,00 > 70,67. Sedangkan untuk nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan teknik reka cerita gambar posttest > pretest, yaitu 77,00 > 69,74. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13293
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13293 https://eprints.ums.ac.id/13293/ PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan menggunakan metode bermain peran dan teknik reka cerita gambar. Dengan populasi yang diteliti dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) sebanyak 21 siswa dan dengan menggunakan teknik reka cerita gambar sebanyak 19 siswa. Setelah masing – masing diberi perlakuan, hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya metode bermain peran (role playing) kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat.Begitu juga dengan adanya teknik reka cerita gambar, kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto Wonogiri meningkat. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan metode bermain peran, bahwa posttest > pretest yaitu 79,00 > 70,67. Sedangkan untuk nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan teknik reka cerita gambar posttest > pretest, yaitu 77,00 > 69,74. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/1/JUDUL-PERSEMBAHAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/13/Lampiran_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13293/15/lampiran_2.pdf SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI (2011) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070040
spellingShingle L Education (General)
SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title_full PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title_fullStr PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title_full_unstemmed PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title_short PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
title_sort pengaruh metode bermain peran role playing dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas iii sdn giritirto ii wonogiri
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13293/
work_keys_str_mv AT sulistyaningrumsusantidwi pengaruhmetodebermainperanroleplayingdanteknikrekaceritagambarterhadapkemampuanmenuliskarangankelasiiisdngiritirtoiiwonogiri