PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan mengguna...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: SULISTYANINGRUM , SUSANTI DWI
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13293/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan menggunakan metode bermain peran dan teknik reka cerita gambar. Dengan populasi yang diteliti dengan menggunakan metode bermain peran (role playing) sebanyak 21 siswa dan dengan menggunakan teknik reka cerita gambar sebanyak 19 siswa. Setelah masing – masing diberi perlakuan, hasilnya menunjukkan bahwa dengan adanya metode bermain peran (role playing) kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat.Begitu juga dengan adanya teknik reka cerita gambar, kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto Wonogiri meningkat. Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan metode bermain peran, bahwa posttest > pretest yaitu 79,00 > 70,67. Sedangkan untuk nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan teknik reka cerita gambar posttest > pretest, yaitu 77,00 > 69,74. Sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat.