PENGARUH METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DAN TEKNIK REKA CERITA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN KELAS III SDN GIRITIRTO II WONOGIRI
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran (role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan mengguna...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/13293/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode bermain peran
(role playing) dan teknik reka cerita gambar terhadap kemampuan menulis
karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri. Penelitian dilakukan dengan
menggunakan pretest dan posttest, dan diberi perlakuan dengan menggunakan
metode bermain peran dan teknik reka cerita gambar.
Dengan populasi yang diteliti dengan menggunakan metode bermain peran
(role playing) sebanyak 21 siswa dan dengan menggunakan teknik reka cerita
gambar sebanyak 19 siswa. Setelah masing – masing diberi perlakuan, hasilnya
menunjukkan bahwa dengan adanya metode bermain peran (role playing)
kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri
meningkat.Begitu juga dengan adanya teknik reka cerita gambar, kemampuan
menulis karangan kelas III SDN Giritirto Wonogiri meningkat.
Berdasarkan hasil nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan
metode bermain peran, bahwa posttest > pretest yaitu 79,00 > 70,67. Sedangkan
untuk nilai rata-rata kemampuan menulis karangan dengan teknik reka cerita
gambar posttest > pretest, yaitu 77,00 > 69,74. Sehingga dapat dinyatakan bahwa
kemampuan menulis karangan kelas III SDN Giritirto II Wonogiri meningkat. |
---|