PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROHIMAH , NELA NUR
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13292/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995840973996032
author ROHIMAH , NELA NUR
author_facet ROHIMAH , NELA NUR
author_sort ROHIMAH , NELA NUR
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV MIM Gedongan Colomadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus III yaitu: 1) Siswa yang mempunyai hasrat dan keinginan berhasil 77,27 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan untuk berhasil dalam belajar 90,90 %, 3) Siswa yang mempunyai harapan untuk berhasil 86,3 %, 4) siswa yang senang belajar PKn 90,90% 5) Siswa yang mengerjakan soal dari guru dengan baik 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 27,27 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13292
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13292 https://eprints.ums.ac.id/13292/ PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011 ROHIMAH , NELA NUR L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV MIM Gedongan Colomadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Globalisasi. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus akhir yaitu siklus III yaitu: 1) Siswa yang mempunyai hasrat dan keinginan berhasil 77,27 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan untuk berhasil dalam belajar 90,90 %, 3) Siswa yang mempunyai harapan untuk berhasil 86,3 %, 4) siswa yang senang belajar PKn 90,90% 5) Siswa yang mengerjakan soal dari guru dengan baik 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 27,27 %, sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 100 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran PKN dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada peningkatan prestasi belajar. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/14/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13292/18/LAMPIRAN.pdf ROHIMAH , NELA NUR (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A510070032
spellingShingle L Education (General)
ROHIMAH , NELA NUR
PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort penerapan pembelajaran kooperatif dengan metode think pair share untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas iv mim gedongan pada mata pelajaran pkn tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13292/
work_keys_str_mv AT rohimahnelanur penerapanpembelajarankooperatifdenganmetodethinkpairshareuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswakelasivmimgedonganpadamatapelajaranpkntahunajaran20102011