PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MIM GEDONGAN PADA MATA PELAJARAN PKN TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13292/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi siswa
pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share dan hasil belajar siswa
pada mata pelajaran PKn melalui metode Think Pair Share. Jenis penelitian ini adalah
PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV
MIM Gedongan Colomadu Karanganyar yang berjumlah 22 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi,dokumentasi dan tes. Teknik analisis
data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi
dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada materi Globalisasi. Hal ini
dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian
motivasi pada siklus akhir yaitu siklus III yaitu: 1) Siswa yang mempunyai hasrat dan
keinginan berhasil 77,27 %, 2) Siswa yang mempunyai dorongan untuk berhasil
dalam belajar 90,90 %, 3) Siswa yang mempunyai harapan untuk berhasil 86,3 %, 4)
siswa yang senang belajar PKn 90,90% 5) Siswa yang mengerjakan soal dari guru
dengan baik 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian
menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum diberikan tindakan
kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM sebesar 27,27 %, sedangkan di akhir
tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 100 %. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Think Pair Share dalam pembelajaran
PKN dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa sehingga berdampak pada
peningkatan prestasi belajar. |
---|