UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAREN I KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelit...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: ZAINUDIN , AKHMAD
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
English
English
出版: 2011
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/13291/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa, siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus. Dengan penerapan pembelajaran metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijabe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Pada akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 17,41 %, yaitu dari rata- rata tes kondisi awal 64,48 menjadi 81,89. Sedangkan ketuntasan belajar siswa ada peningkatan sebesar 93,10%, dari kondisi awal yang sudah tuntas sesuai standar KKM hanya 9 siswa menjadi 27 siswa. Dengan demikian sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen mengalami peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaaan manusia.