UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ALAT PENCERNAAN MANUSIA MELALUI METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SAREN I KALIJAMBE SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat pencernaan manusia melalui metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelit...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English English |
منشور في: |
2011
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/13291/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi
alat pencernaan manusia melalui metode team quiz pada siswa kelas V SD Negeri
Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Metode penelitian yang
digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas
(PTK) yang terdiri atas 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD
Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen tahun pelajaran 2010/2011 sebanyak 29 siswa,
siswa laki-laki berjumlah 14 dan siswa perempuan berjumlah 15 siswa. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif
kualitatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai
pada setiap siklus. Dengan penerapan pembelajaran metode team quiz pada siswa
kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijabe Sragen tahun pelajaran 2010/2011. Pada
akhir siklus II diketahui telah terjadi peningkatan rata-rata kelas 17,41 %, yaitu
dari rata- rata tes kondisi awal 64,48 menjadi 81,89. Sedangkan ketuntasan belajar
siswa ada peningkatan sebesar 93,10%, dari kondisi awal yang sudah tuntas
sesuai standar KKM hanya 9 siswa menjadi 27 siswa. Dengan demikian sebagian
besar siswa kelas V SD Negeri Saren 1 Kalijambe Sragen mengalami peningkatan
hasil belajar IPA materi alat pencernaaan manusia.
|
---|