APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (Teams Games Tournament) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII PK SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Motivasi belajar siswa kelas VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengapilkasikan model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament, 2) Hasil belajar siswa kelas VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengaplikasikan model pembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13289/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan : 1) Motivasi belajar siswa
kelas VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengapilkasikan model
pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament, 2) Hasil belajar siswa kelas
VII PK SMP Muhammadyah 7 Surakarta dengan mengaplikasikan model
pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi,
refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games
Tournament yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Data dalam penelitian diambil
dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, tes, dan
catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu
menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa
dari siklus I sampai siklus III. Data yang diperoleh dari hasil observasi, angket,
dan tes pada siklus I sampai III dianalisis secara kualitatif dengan cara
menghitung rata-rata di setiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh
menunjukkan bahwa ratarata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar siswa kelas
VII PK pada siklus I (Skor motivasi = 60, 15 (termasuk kategori baik); Aspek
kognitif = 58,84; Aspek afektif = 38,39 (termasuk kategori berminat)). Rata-rata
hasil penilaian motivasi dan hasil belajar pada siklus II (Skor motivasi = 62,97
(termasuk kategori baik); Aspek kognitif = 71,53; Aspek afektif = 39,76
(termasuk kategori berminat)). Rata-rata hasil penilaian motivasi dan hasil belajar
pada siklus III (Skor motivasi = 67,19 (termasuk kategori sangat baik); Aspek
kognitif = 86,53; Aspek afektif = 42,23 (termasuk kategori sangat berminat)).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
kooperatif Teams Games Tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil
belajar Biologi siswa kelas VII PK SMP Muhammadiyah 7 Surakarta tahun
pelajaran 2010/2011. |
---|