PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agustina, Suci
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13288/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995839888719872
author Agustina, Suci
author_facet Agustina, Suci
author_sort Agustina, Suci
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, II, III. Hasil belajar siwa dalam penelitian ini meliputi hasil belajar dari ranah kognitif dan ranah afektif. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, test, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Penelitian ini diawali dengan menyelesaian masalah secara mandiri, membentuk kelompok diskusi dan diakhiri dengan presentasi tiap-tiap kelompok selanjutnya dilaksanakan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 67 ranah afektif = 68,80%, siklus II ranah kognitif= 70,08; ranah afektif = 78,93% dan siklus III ranah kognitif = 79; ranah afektif = 84,80%. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar pada tiap-tiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII RKBI dari ranah kognitif dan afektif.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13288
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13288 https://eprints.ums.ac.id/13288/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 Agustina, Suci L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, II, III. Hasil belajar siwa dalam penelitian ini meliputi hasil belajar dari ranah kognitif dan ranah afektif. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, test, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Penelitian ini diawali dengan menyelesaian masalah secara mandiri, membentuk kelompok diskusi dan diakhiri dengan presentasi tiap-tiap kelompok selanjutnya dilaksanakan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 67 ranah afektif = 68,80%, siklus II ranah kognitif= 70,08; ranah afektif = 78,93% dan siklus III ranah kognitif = 79; ranah afektif = 84,80%. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar pada tiap-tiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII RKBI dari ranah kognitif dan afektif. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/1/02._Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/8/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/9/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/11/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/15/08._Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13288/17/09._Lampiran.pdf Agustina, Suci (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A420070091
spellingShingle L Education (General)
Agustina, Suci
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan model pembelajaran kooperatif tipe tps think pair share untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas vii rkbi smp muhammadiyah 7 surakarta tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13288/
work_keys_str_mv AT agustinasuci penerapanmodelpembelajarankooperatiftipetpsthinkpairshareuntukmeningkatkanhasilbelajarbiologisiswakelasviirkbismpmuhammadiyah7surakartatahunpelajaran20102011