PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (Think Pair Share) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII RKBI SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agustina, Suci
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13288/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) pada siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta kelas VII RKBI tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini merupakan penelitian PTK yang terdiri dari 3 siklus yaitu siklus I, II, III. Hasil belajar siwa dalam penelitian ini meliputi hasil belajar dari ranah kognitif dan ranah afektif. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, observasi, angket, test, dan catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menguraikan secara deskriptif tentang perkembangan proses pembelajaran siswa dari siklus I sampai siklus III. Penelitian ini diawali dengan menyelesaian masalah secara mandiri, membentuk kelompok diskusi dan diakhiri dengan presentasi tiap-tiap kelompok selanjutnya dilaksanakan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I ranah kognitif = 67 ranah afektif = 68,80%, siklus II ranah kognitif= 70,08; ranah afektif = 78,93% dan siklus III ranah kognitif = 79; ranah afektif = 84,80%. Dari hasil penelitian dapat dilihat adanya peningkatan hasil belajar pada tiap-tiap siklus. Dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think pair Share) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII RKBI dari ranah kognitif dan afektif.