PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13279/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995837441343488 |
---|---|
author | Proborini , Ellen |
author_facet | Proborini , Ellen |
author_sort | Proborini , Ellen |
collection | ePrints |
description | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika
setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pancur dengan subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan
melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara
kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk
penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan
kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada sebelum tindakan
sebanyak 28,6 %, putaran III meningkat menjadi 74,36 %. Kemampuan untuk
menjawab pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 17,16 %, putaran III
meningkat menjadi 62,92 %. Peningkatan perhatian siswa terhadap penjelasan
guru pada sebelum tindakan sebanyak 42,9 %, putaran III meningkat menjadi
82,94 %. Kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam kelompoknya dari sebelum
tindakan sampai putaran III meningkat dari 42,9 % menjadi 68,64 %. Dari data
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika
siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Rotating Trio
Exchange.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13279 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13279 https://eprints.ums.ac.id/13279/ PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) Proborini , Ellen L Education (General) Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pancur dengan subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 28,6 %, putaran III meningkat menjadi 74,36 %. Kemampuan untuk menjawab pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 17,16 %, putaran III meningkat menjadi 62,92 %. Peningkatan perhatian siswa terhadap penjelasan guru pada sebelum tindakan sebanyak 42,9 %, putaran III meningkat menjadi 82,94 %. Kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam kelompoknya dari sebelum tindakan sampai putaran III meningkat dari 42,9 % menjadi 68,64 %. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Rotating Trio Exchange. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/6/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/7/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13279/19/LAMPIRAN.pdf Proborini , Ellen (2011) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070295 |
spellingShingle | L Education (General) Proborini , Ellen PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_fullStr | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_full_unstemmed | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_short | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011) |
title_sort | pembelajaran matematika dengan metode rotating trio exchange untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa ptk pembelajaran matematika kelas vii semester genap smp n 1 pancur tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13279/ |
work_keys_str_mv | AT proboriniellen pembelajaranmatematikadenganmetoderotatingtrioexchangeuntukmeningkatkankemampuankomunikasimatematikasiswaptkpembelajaranmatematikakelasviisemestergenapsmpn1pancurtahunajaran20102011 |