PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Pancur Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas...
שמור ב:
מחבר ראשי: | |
---|---|
פורמט: | Thesis |
שפה: | English English English English English English English English |
יצא לאור: |
2011
|
נושאים: | |
גישה מקוונת: | https://eprints.ums.ac.id/13279/ |
תגים: |
הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
|
סיכום: | Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan
kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran matematika
setelah metode Rotating Trio Exchange diterapkan. Pendekatan penelitian pada
penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan kelas
(PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Pancur dengan subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VII F yang berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan
melalui teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi. Data dianalisis secara
kualitatif, kemudian hasil analisis tersebut disajikan secara deskriptif untuk
penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
komunikasi matematika siswa mengalami peningkatan yaitu peningkatan
kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan pada sebelum tindakan
sebanyak 28,6 %, putaran III meningkat menjadi 74,36 %. Kemampuan untuk
menjawab pertanyaan pada sebelum tindakan sebanyak 17,16 %, putaran III
meningkat menjadi 62,92 %. Peningkatan perhatian siswa terhadap penjelasan
guru pada sebelum tindakan sebanyak 42,9 %, putaran III meningkat menjadi
82,94 %. Kemampuan siswa untuk bekerjasama dalam kelompoknya dari sebelum
tindakan sampai putaran III meningkat dari 42,9 % menjadi 68,64 %. Dari data
hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematika
siswa meningkat melalui pembelajaran matematika dengan metode Rotating Trio
Exchange.
|
---|