PENGARUH MOTIVASI DAN CARA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2010/2011)
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menguji dan menganalisa pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; 2) menguji dan menganalisa pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar matematika; 3) menguji dan menganalisa pengaruh bersama antara motivasi dan cara belajar...
Enregistré dans:
Auteur principal: | |
---|---|
Format: | Thèse |
Langue: | English English English English English English English English |
Publié: |
2011
|
Sujets: | |
Accès en ligne: | https://eprints.ums.ac.id/13278/ |
Tags: |
Ajouter un tag
Pas de tags, Soyez le premier à ajouter un tag!
|
Résumé: | Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menguji dan menganalisa pengaruh
motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika; 2) menguji dan
menganalisa pengaruh cara belajar terhadap prestasi belajar matematika; 3)
menguji dan menganalisa pengaruh bersama antara motivasi dan cara belajar
siswa terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan di kelas X
SMA Negeri 2 Sragen semester enap tahun ajaran 2010/2011. Sampel penelitian
terdiri dari 40 siswa yang diambil secara sampling sistematis dari seluruh siswa
kelas X yang berjumlah 200 peserta didik. Metode pengumpulan data
menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
analisis regresi ganda yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas, uji independen dan uji linieritas. Dari hasil analisis jadi dapat
disimpulkan bahwa: ada pengaruh dari motivasi belajar terhadap hal ini dapat di
lihat dari sumbangannya sebesar 29% sedangkan cara belajar siswa memberi
sumbangan 27% terhadap prestasi belajar matemátika, ada pengaruh bersama
antara motivasi dan cara belajar siswa terhadap peningkatan prestasi belajar
matemátika dengan sumbangan sebesar 56%. |
---|