IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WHAT TO KNOW DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Andong Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran (inquiring minds what to know dengan penggunaan macromedia flash 8 dan metode konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematik...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13277/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi
pembelajaran (inquiring minds what to know dengan penggunaan macromedia
flash 8 dan metode konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, (2)
pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek
interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas
VII semester genap SMP N 1 Andong tahun ajaran 2010/2011 sebanyak delapan
kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII D sebagai kelas
eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan
data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan
dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang
sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian
pada , diperoleh: (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran (inquiring
minds what to know dengan penggunaan macromedia flash 8 dan metode
konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 7,291, (2) Ada
pengaruh motivasi belajari siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB
= 8,812, (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran
dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB =
0,254. |
---|