IMPLEMENTASI STRATEGI INQUIRING MINDS WHAT TO KNOW DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH 8 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Andong Kab. Boyolali Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran (inquiring minds what to know dengan penggunaan macromedia flash 8 dan metode konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematik...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AYUNANI , DEWI SATITI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13277/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran (inquiring minds what to know dengan penggunaan macromedia flash 8 dan metode konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap SMP N 1 Andong tahun ajaran 2010/2011 sebanyak delapan kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada , diperoleh: (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran (inquiring minds what to know dengan penggunaan macromedia flash 8 dan metode konvensional) terhadap prestasi belajar matematika, dengan FA = 7,291, (2) Ada pengaruh motivasi belajari siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FB = 8,812, (3) tidak ada efek interaksi yang signifikan antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan FAB = 0,254.