PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini berdasarkan pendekatannya adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas...

Ամբողջական նկարագրություն

Պահպանված է:
Մատենագիտական մանրամասներ
Հիմնական հեղինակ: Kurniawati , Rista
Ձևաչափ: Թեզիս
Լեզու:English
English
English
English
English
English
English
English
Հրապարակվել է: 2011
Խորագրեր:
Առցանց հասանելիություն:https://eprints.ums.ac.id/13276/
Ցուցիչներ: Ավելացրեք ցուցիչ
Չկան պիտակներ, Եղեք առաջինը, ով նշում է այս գրառումը!
_version_ 1804995836616114176
author Kurniawati , Rista
author_facet Kurniawati , Rista
author_sort Kurniawati , Rista
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini berdasarkan pendekatannya adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemauan siswa untuk membaca materi yang diberikan mengalami peningkatan: sebelum tindakan sebesar 34,375%, pada putaran I sebesar 50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 71,875%, pada putaran III sebesar 100%. 2) keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat sebelum tindakan sebesar 9,375%, pada putaran I sebesar 18,75%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 34,375%, pada putaran III sebanyak sebesar 62,50%, 3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 28,125%, pada putaran I sebesar 37,50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 59,375%, pada putaran III sebesar 100%, 4) keikutsertaan siswa dalam kerjasama di kelompok meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 31,25%, pada putaran I sebesar 34,375%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 46,875%, pada putaran III sebesar 68,75%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13276
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13276 https://eprints.ums.ac.id/13276/ PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011) Kurniawati , Rista L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Metode penelitian ini berdasarkan pendekatannya adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Nogosari yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Teknik keabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran talking stick. Hal ini dapat dilihat dari 1) kemauan siswa untuk membaca materi yang diberikan mengalami peningkatan: sebelum tindakan sebesar 34,375%, pada putaran I sebesar 50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 71,875%, pada putaran III sebesar 100%. 2) keberanian siswa untuk mengajukan pertanyaan, ide atau tanggapan meningkat sebelum tindakan sebesar 9,375%, pada putaran I sebesar 18,75%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 34,375%, pada putaran III sebanyak sebesar 62,50%, 3) kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan yang diberikan meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 28,125%, pada putaran I sebesar 37,50%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 59,375%, pada putaran III sebesar 100%, 4) keikutsertaan siswa dalam kerjasama di kelompok meningkat sebelum tindakan tindakan sebesar 31,25%, pada putaran I sebesar 34,375%, pada putaran II setelah dirata-rata dari pertemuan pertama dan kedua sebesar 46,875%, pada putaran III sebesar 68,75%. Penelitian ini berkesimpulan bahwa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick dapat meningkatkan keaktifan siswa. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/1/HALAMAN_DEPAN_%2B_TAMBAHAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/11/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/13/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/17/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13276/19/lampiran.pdf Kurniawati , Rista (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070216
spellingShingle L Education (General)
Kurniawati , Rista
PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title_fullStr PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title_short PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN TALKING STICK (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Nogosari Tahun Ajaran 2010/2011)
title_sort peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran talking stick ptk pembelajaran matematika kelas vii semester genap smp n 1 nogosari tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13276/
work_keys_str_mv AT kurniawatirista peningkatankeaktifansiswadalampembelajaranmatematikadenganmenggunakanstrategipembelajarantalkingstickptkpembelajaranmatematikakelasviisemestergenapsmpn1nogosaritahunajaran20102011