PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek peneri...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Thesis |
Hizkuntza: | English English English English English English |
Argitaratua: |
2011
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | https://eprints.ums.ac.id/13275/ |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
_version_ | 1804995836344532992 |
---|---|
author | RATNAWATI , SENNY |
author_facet | RATNAWATI , SENNY |
author_sort | RATNAWATI , SENNY |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan
pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut
melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian
pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima
tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen yang
berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru
matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes,
observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data
digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya
peningkatan keaktifan siswa, hal ini dapat dilihat dari 1) Keberanian siswa
mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 8,33 % dan setelah tindakan 61,11 %,
2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan setelah
tindakan 72,22 %, 3) Keberanian siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum
tindakan 5,56 % dan setelah tindakan 63,89 %. Hasil penelitian ini juga
menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada
pokok bahasan Garis dan Sudut, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pemahaman
konsep matematika materi Garis dan Sudut yang ≥ KKM sebelum tindakan 11,11
% dan setelah tindakan 97,22 %. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13275 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13275 https://eprints.ums.ac.id/13275/ PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) RATNAWATI , SENNY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut melalui Pendekatan Kontekstual dengan Inquiry Terbimbing. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Sidoharjo, Sragen yang berjumlah 36 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan guru matematika kelas VIIC. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa, hal ini dapat dilihat dari 1) Keberanian siswa mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 8,33 % dan setelah tindakan 61,11 %, 2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 72,22 %, 3) Keberanian siswa mengerjakan soal didepan kelas sebelum tindakan 5,56 % dan setelah tindakan 63,89 %. Hasil penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pokok bahasan Garis dan Sudut, hal ini dapat dilihat dari hasil tes pemahaman konsep matematika materi Garis dan Sudut yang ≥ KKM sebelum tindakan 11,11 % dan setelah tindakan 97,22 %. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/1/kata_pengantar.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/3/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/8/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/10/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13275/13/BAB_V.pdf RATNAWATI , SENNY (2011) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410070053 |
spellingShingle | L Education (General) RATNAWATI , SENNY PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_full | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_fullStr | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_full_unstemmed | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_short | PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS DAN SUDUT MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN INQUIRY TERBIMBING
(PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP N 2 Sidoharjo) |
title_sort | peningkatan keaktifan dan pemahaman konsep garis dan sudut melalui pendekatan kontekstual dengan inquiry terbimbing ptk pembelajaran matematika di kelas vii smp n 2 sidoharjo |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13275/ |
work_keys_str_mv | AT ratnawatisenny peningkatankeaktifandanpemahamankonsepgarisdansudutmelaluipendekatankontekstualdenganinquiryterbimbingptkpembelajaranmatematikadikelasviismpn2sidoharjo |