PENERAPAN STRATEGI ROLE REVERSAL QUESTIONS SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK di kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Ngemplak Tahun Ajaran 2010/2011)

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. 2) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SAPUTRO, YULIATNO BINI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13274/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. 2) Mengkaji dan mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi pembelajaran Role Reversal Questions. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika sebagai pelaku pemberi tindakan, dan kepala sekolah sebagai subyek yang membantu dalam perencanaan dan pengumpulan data. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIID SMP N 1 Ngemplak Boyolali, yang berjumlah 36 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah keaktifan dan hasil belajar. Metode penggumpulkan data melalui metode wawancara, observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan keaktifan belajar siswa yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator keaktifan belajar siswa yang meliputi antusias siswa dalam: 1) Mengkomunikasikan materi atau menjadi tutor kepada siswa lain sebelum tindakan 2,8%, putaran I 8,3%, pada putaran II 13,9% dan di akhir tindakan 38,8%. 2) Mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,3%, putaran I 13,9%, putaran II 33,3%, dan di akhir tindakan 52,8 %. 3) Mengemukakan pendapat sebelum tindakan 5,6%, putaran I 8,3%, putaran II 22,2% dan di akhir tindakan 41,7%. Selain itu didapat hasil belajar siswa dengan kriteria ketuntasan minimum sebesar 62 sebelum tindakan 50%, putaran I 55,6%, putaran II 80,6% dan di akhir tindakan 94,4%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Role Reversal Questions dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.