MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian me...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUNAJAD, MUNAJAD
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13273/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995835790884864
author MUNAJAD, MUNAJAD
author_facet MUNAJAD, MUNAJAD
author_sort MUNAJAD, MUNAJAD
collection ePrints
description belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata- rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif 42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian- bagiannya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13273
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13273 https://eprints.ums.ac.id/13273/ MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 MUNAJAD, MUNAJAD L Education (General) belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide, keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru. Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata- rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I, ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif 42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian- bagiannya. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13273/20/lampiran.pdf MUNAJAD, MUNAJAD (2011) MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A410060063
spellingShingle L Education (General)
MUNAJAD, MUNAJAD
MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort meningkatkan minat dan hasil belajar matematika dalam materi mengidentifikasi sifat sifat kubus balok prisma dan limas serta bagian bagiannya melalui metode everyone is teacher here pada siswa kelas viii mts ma arif andong boyolali tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13273/
work_keys_str_mv AT munajadmunajad meningkatkanminatdanhasilbelajarmatematikadalammaterimengidentifikasisifatsifatkubusbalokprismadanlimassertabagianbagiannyamelaluimetodeeveryoneisteacherherepadasiswakelasviiimtsmaarifandongboyolalitahunpelajaran20092010