MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT KUBUS, BALOK, PRISMA DAN LIMAS SERTA BAGIAN-BAGIANNYA MELALUI METODE EVERYONE IS TEACHER HERE PADA SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF ANDONG BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa terhadap penjelasan guru, keberanian me...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2011
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/13273/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | belajar matematika pada pokok bahasan mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok,
prisma dan limas serta bagian-bagiannya melalui metode Everyone is Teacher
Here. Indikator minat belajar dalam penelitian ini meliputi: Perhatian siswa
terhadap penjelasan guru, keberanian memaparkan gagasan atau ide-ide,
keberanian merespon jawaban temannya, keberanian bertanya kepada guru.
Sedangkan indikator hasil belajar dalam penelitian ini adalah peningkatan nilai
post tes setelah pembelajaran. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika
kelas VIII B MTs Ma’arif Andong Boyolali, subyek penerima tindakan adalah
siswa kelas VIII B yang berjumlah 20 siswa, dan peneliti sebagai observer yang
bertugas merencanakan, mengumpulkan data, menganalisis data dan menarik
kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, tes, dan dokumentasi.
Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang merupakan model
dari teknik analisis diskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya
peningkatan minat dan hasil belajar matematika melalui metode Everyone is
Teacher Here pada materi mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma dan
limas serta bagian-bagiannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian bahwa rata-
rata hasil belajar siklus I ranah kognitif 59,5 atau meningkat sebesar 11,5 dari nilai
kondisi awal, ranah afektif 24,45 (termasuk kategori kurang berminat). Rata-rata
nilai siklus II ranah kognitif 79 atau meningkat sebesar 19,5 dari nilai siklus I,
ranah afektif 35,1 (termasuk kategori cukup berminat). Rata-rata nilai siklus III
ranah kogitif 85,75 atau meningkat sebesar 6,75 dari nilai siklus II, ranah afektif
42,35 (temasuk kategori berminat). Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode
Everyone is Teacher Here dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi
mengidentifikasi sifat-sifat kubus, balok, prisma, dan limas serta bagian-
bagiannya. |
---|