PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SEPTIANI , RIZKY
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13271/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995835242479616
author SEPTIANI , RIZKY
author_facet SEPTIANI , RIZKY
author_sort SEPTIANI , RIZKY
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction, (c) mengkaji persepsi dan tanggapan siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 mengenai pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Setting penelitian ini di SMP N 3 Kartasura. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, tetapi juga terdapat unsur kuantitatif. Hal ini dikarenakan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang data-datanya berupa kata maupun angka. Penelitian ini mempunyai dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah interaksi yang dilakukan guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang ada di sekolah secara langsung. Data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen yang berhubungan dengan penelitian peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction yang difokuskan pada siswa kelas VII di SMP N 3 Kartasura. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini ada 3. Pertama, terdapat peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh saat prasiklus sebesar 49,14, siklus I sebesar 73,78 sedangkan siklus II sebesar 85,71. Persentase peningkatan tiap siklus yaitu prasiklus 49%, siklus I 74%, dan siklus II 86%. Jadi, total peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 37%. Kedua, adanya motivasi dalam diri siswa ketika pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction sangat baik. Siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction 81% siswa senang dan 73% siswa paham.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13271
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13271 https://eprints.ums.ac.id/13271/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 SEPTIANI , RIZKY L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction, (c) mengkaji persepsi dan tanggapan siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 mengenai pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Setting penelitian ini di SMP N 3 Kartasura. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, tetapi juga terdapat unsur kuantitatif. Hal ini dikarenakan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang data-datanya berupa kata maupun angka. Penelitian ini mempunyai dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah interaksi yang dilakukan guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa yang ada di sekolah secara langsung. Data sekunder dari penelitian ini adalah dokumen yang berhubungan dengan penelitian peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction yang difokuskan pada siswa kelas VII di SMP N 3 Kartasura. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian ini ada 3. Pertama, terdapat peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Hasil nilai rata-rata yang diperoleh saat prasiklus sebesar 49,14, siklus I sebesar 73,78 sedangkan siklus II sebesar 85,71. Persentase peningkatan tiap siklus yaitu prasiklus 49%, siklus I 74%, dan siklus II 86%. Jadi, total peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 37%. Kedua, adanya motivasi dalam diri siswa ketika pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction sangat baik. Siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction 81% siswa senang dan 73% siswa paham. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/1/02._HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/2/03._BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/4/04._BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/5/05._BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/10/06._BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/12/07._BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13271/13/08._Daftar_Pustaka.pdf SEPTIANI , RIZKY (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070259
spellingShingle L Education (General)
SEPTIANI , RIZKY
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas vii smp n 3 kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13271/
work_keys_str_mv AT septianirizky peningkatankemampuanmenyusunkalimatefektifdenganmetodeexplicitinstructionpadasiswakelasviismpn3kartasuratahunajaran20102011