PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT EFEKTIF DENGAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS VII SMP N 3 KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13271/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk (a) meningkatkan kemampuan menyusun
kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3
Kartasura tahun ajaran 2010/2011, (b) mengetahui motivasi belajar siswa kelas
VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 dalam kegiatan menyusun
kalimat efektif dengan metode explicit instruction, (c) mengkaji persepsi dan
tanggapan siswa kelas VII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 mengenai
pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction.
Setting penelitian ini di SMP N 3 Kartasura.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, tetapi juga terdapat unsur
kuantitatif. Hal ini dikarenakan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan
kelas yang data-datanya berupa kata maupun angka. Penelitian ini mempunyai dua
jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini
adalah interaksi yang dilakukan guru dengan siswa ataupun siswa dengan siswa
yang ada di sekolah secara langsung. Data sekunder dari penelitian ini adalah
dokumen yang berhubungan dengan penelitian peningkatan kemampuan
menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction yang difokuskan
pada siswa kelas VII di SMP N 3 Kartasura. Pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket.
Hasil penelitian ini ada 3. Pertama, terdapat peningkatan kemampuan
menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Hasil nilai rata-rata
yang diperoleh saat prasiklus sebesar 49,14, siklus I sebesar 73,78 sedangkan
siklus II sebesar 85,71. Persentase peningkatan tiap siklus yaitu prasiklus 49%,
siklus I 74%, dan siklus II 86%. Jadi, total peningkatan kemampuan menyusun
kalimat efektif dengan metode explicit instruction pada siswa kelas VII SMP N 3
Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 37%. Kedua, adanya motivasi dalam
diri siswa ketika pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit
instruction sangat baik. Siswa tertarik dan antusias mengikuti pembelajaran
menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction. Ketiga, persepsi dan
tanggapan siswa terhadap pembelajaran menyusun kalimat efektif dengan metode explicit instruction 81% siswa senang dan 73% siswa paham.
|
---|