PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita, kemampuan siswa menceritakan proses terjadiny...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INDRAYANI, RATNA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13270/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995834969849856
author INDRAYANI, RATNA
author_facet INDRAYANI, RATNA
author_sort INDRAYANI, RATNA
collection ePrints
description Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita, kemampuan siswa menceritakan proses terjadinya peristiwa dalam berita, kemampuan siswa menulis teks berita dengan unsur 5W+1H, kemampuan siswa menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas ,mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2010/201 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah meningktnya kemampuan siswa kelas VIII ASMP Al Islam Kartasura setelah menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa, guru mata pelajaran bahasa indonesia, peneliti, dan dari dokumen. Teknik pengambilan data wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis PTK model Kurt Lewin. Hasil Penelitian ini ada tiga. Pertama, terdapat peningkatan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita meningkat, kemampuan siswa menceritakan proses terjadinya peristiwa dalam berita meningkat, kemampuan siswa menulis teks berita dengan unsur 5W+1H sudah lengkap, kemampuan siswa menulis teks berita sudah singkat, padat dan jelas. Kedua, ada motivasi dalam diri siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Siswa tertarik dan antusias ketika gambar foto peristiwa dibagikan. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sangat baik. Persentase siswa yang senang dengan kegiatan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sebesar 87,5%,Sedangkan yang tidak senang menulis teks berita dengan media gambar foto peristiwa sebesar 12,5%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13270
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13270 https://eprints.ums.ac.id/13270/ PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011 INDRAYANI, RATNA L Education (General) Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita, kemampuan siswa menceritakan proses terjadinya peristiwa dalam berita, kemampuan siswa menulis teks berita dengan unsur 5W+1H, kemampuan siswa menulis teks berita secara singkat, padat dan jelas ,mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui persepsi dan tanggapan siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2010/201 setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian ini adalah meningktnya kemampuan siswa kelas VIII ASMP Al Islam Kartasura setelah menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa, guru mata pelajaran bahasa indonesia, peneliti, dan dari dokumen. Teknik pengambilan data wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis PTK model Kurt Lewin. Hasil Penelitian ini ada tiga. Pertama, terdapat peningkatan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita meningkat, kemampuan siswa menceritakan proses terjadinya peristiwa dalam berita meningkat, kemampuan siswa menulis teks berita dengan unsur 5W+1H sudah lengkap, kemampuan siswa menulis teks berita sudah singkat, padat dan jelas. Kedua, ada motivasi dalam diri siswa saat pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Siswa tertarik dan antusias ketika gambar foto peristiwa dibagikan. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sangat baik. Persentase siswa yang senang dengan kegiatan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sebesar 87,5%,Sedangkan yang tidak senang menulis teks berita dengan media gambar foto peristiwa sebesar 12,5%. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/5/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/8/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/10/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13270/14/LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf INDRAYANI, RATNA (2011) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A310070112
spellingShingle L Education (General)
INDRAYANI, RATNA
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort peningkatan kemampuan menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa pada siswa kelas viii smp al islam kartasura tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13270/
work_keys_str_mv AT indrayaniratna peningkatankemampuanmenulisteksberitamelaluiteknikpengamatangambarfotoperistiwapadasiswakelasviiismpalislamkartasuratahunajaran20102011