PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI TEKNIK PENGAMATAN GAMBAR FOTO PERISTIWA PADA SISWA KELAS VIII SMP AL ISLAM KARTASURA TAHUN AJARAN 2010/2011
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura. Secara khusus untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita, kemampuan siswa menceritakan proses terjadiny...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13270/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura. Secara khusus
untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks berita siswa dalam
mengungkapkan fakta-fakta berita, kemampuan siswa menceritakan proses
terjadinya peristiwa dalam berita, kemampuan siswa menulis teks berita dengan
unsur 5W+1H, kemampuan siswa menulis teks berita secara singkat, padat dan
jelas ,mengetahui motivasi belajar siswa, mengetahui persepsi dan tanggapan
siswa kelas VIII SMP Al Islam Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2010/201
setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan
gambar foto peristiwa.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sasaran penelitian
ini adalah meningktnya kemampuan siswa kelas VIII ASMP Al Islam Kartasura
setelah menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa.
Sumber data penelitian ini adalah aktivitas siswa saat pembelajaran menulis teks
berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa, guru mata pelajaran
bahasa indonesia, peneliti, dan dari dokumen. Teknik pengambilan data
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu analisis PTK model Kurt Lewin.
Hasil Penelitian ini ada tiga. Pertama, terdapat peningkatan menulis teks
berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Kemampuan menulis
teks berita siswa dalam mengungkapkan fakta-fakta berita meningkat,
kemampuan siswa menceritakan proses terjadinya peristiwa dalam berita
meningkat, kemampuan siswa menulis teks berita dengan unsur 5W+1H sudah
lengkap, kemampuan siswa menulis teks berita sudah singkat, padat dan jelas.
Kedua, ada motivasi dalam diri siswa saat pembelajaran menulis teks berita
melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa. Siswa tertarik dan antusias
ketika gambar foto peristiwa dibagikan. Ketiga, persepsi dan tanggapan siswa
terhadap pembelajaran menulis teks berita melalui teknik pengamatan gambar foto
peristiwa sangat baik. Persentase siswa yang senang dengan kegiatan menulis teks
berita melalui teknik pengamatan gambar foto peristiwa sebesar 87,5%,Sedangkan yang tidak senang menulis teks berita dengan media gambar foto
peristiwa sebesar 12,5%. |
---|