MINAT MASYARAKAT UNTUK MENJADI ANGGOTA KOPERASI ”WANITA SETARA” DITINJAU DARI PENGEMBANGAN PRODUK KOPERASI DAN KEBUTUHAN EKONOMI KELUARGA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk yang dilakukan koperasi dan kebutuhan ekonomi keluarga terhadap minat masyarakat untuk menjadi anggota koperasi ”Wanita Setara” Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English |
Опубликовано: |
2011
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/13269/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengembangan
produk yang dilakukan koperasi dan kebutuhan ekonomi keluarga terhadap minat
masyarakat untuk menjadi anggota koperasi ”Wanita Setara”
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah anggota koperasi ”Wanita Setara” sebanyak 1638 orang. Sampel dalam
penelitian adalah sebanyak 164 orang anggota koperasi ”Wanita Setara” yang
diambil dengan teknik kuota sampling. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah
diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang
digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan
sumbangan relatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y = 14,450 + 0,249.X1 + 0,368.X2, artinya minat masyarakat
dipengaruhi oleh pengembangan produk koperasi dan kebutuhan ekonomi
keluarga. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1)
Pengembangan produk koperasi berpengaruh terhadap minat masyarakat. Hal ini
terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengembangan produk
koperasi sebesar 3.096 sehingga thitung > ttabel atau 3.096 > 1.96 (α = 0,05). (2)
Kebutuhan ekonomi keluarga berpengaruh terhadap minat masyarakat. Hal ini
terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kebutuhan ekonomi
keluarga sebesar 5.098 sehingga thitung > ttabel atas 5.098 > 1.96 (α = 0,05) (3)
Pengembangan produk koperasi dan kebutuhan ekonomi keluarga berpengaruh
terhadap minat masyarakat untuk menjadi anggota koperasi ”Wanita Setara”. Hal
ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 29,150 lebih besar dari
Ftabel (3,00) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2
sebesar 0.266, berarti 26.6% minat masyarakat untuk menjadi anggota koperasi
dipengaruhi oleh pengembangan produk koperasi dan kebutuhan ekonomi
keluarga, sisanya sebesar 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut
dalam penelitian ini. |
---|