PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13268/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995834421444608 |
---|---|
author | PURWANTI , PURWANTI |
author_facet | PURWANTI , PURWANTI |
author_sort | PURWANTI , PURWANTI |
collection | ePrints |
description | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola
asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro
Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 3) Mendiskripsikan
pengaruh antara pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi
belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan
penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Diponegoro Salatiga yaitu
sebanyak 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 (dibulatkan menjadi 90) siswa
dengan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan
angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta
diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
ganda, uji F, uji t, uji R2
, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 40,139+
0,440X1 + 0,198X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa
dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar siswa. Kesimpulan
yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar
akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini
berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu
4,330 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif
sebesar 24,912%; 2) Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar
akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga ” dapat diterima. Hal ini
berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabelp, yaitu
2,116 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif
sebesar 9,688%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan proporsi
waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK
Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi
linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,044 > 3,101 dan nilai
signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,346 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu
belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro
Salatiga adalah sebesar 34,6%, sedangkan 65,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak diteliti.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13268 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13268 https://eprints.ums.ac.id/13268/ PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 PURWANTI , PURWANTI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 3) Mendiskripsikan pengaruh antara pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Diponegoro Salatiga yaitu sebanyak 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 (dibulatkan menjadi 90) siswa dengan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 40,139+ 0,440X1 + 0,198X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,330 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,912%; 2) Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabelp, yaitu 2,116 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 9,688%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,044 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,346 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga adalah sebesar 34,6%, sedangkan 65,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/12/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/14/Halaman_Lampiran.pdf PURWANTI , PURWANTI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070166 |
spellingShingle | L Education (General) PURWANTI , PURWANTI PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title_full | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title_fullStr | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title_short | PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 |
title_sort | pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas x smk diponegoro salatiga tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13268/ |
work_keys_str_mv | AT purwantipurwanti pengaruhpolaasuhorangtuadanproporsiwaktubelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxsmkdiponegorosalatigatahunajaran20102011 |