PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWANTI , PURWANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13268/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995834421444608
author PURWANTI , PURWANTI
author_facet PURWANTI , PURWANTI
author_sort PURWANTI , PURWANTI
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 3) Mendiskripsikan pengaruh antara pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Diponegoro Salatiga yaitu sebanyak 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 (dibulatkan menjadi 90) siswa dengan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 40,139+ 0,440X1 + 0,198X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,330 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,912%; 2) Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabelp, yaitu 2,116 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 9,688%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,044 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,346 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga adalah sebesar 34,6%, sedangkan 65,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13268
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13268 https://eprints.ums.ac.id/13268/ PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011 PURWANTI , PURWANTI L Education (General) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendiskripsikan pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 2) Mendiskripsikan pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga; 3) Mendiskripsikan pengaruh antara pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Diponegoro Salatiga yaitu sebanyak 120 siswa. Sampel diambil sebanyak 89 (dibulatkan menjadi 90) siswa dengan teknik simple random sampling. Tenik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, uji R2 , dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 40,139+ 0,440X1 + 0,198X2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar siswa. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,330 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000 dengan sumbangan efektif sebesar 24,912%; 2) Ada pengaruh proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabelp, yaitu 2,116 > 1,988 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,037 dengan sumbangan efektif sebesar 9,688%; 3) Ada pengaruh yang signifikan pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 23,044 > 3,101 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil uji koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,346 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Diponegoro Salatiga adalah sebesar 34,6%, sedangkan 65,4% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/5/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/12/Daftar_Pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13268/14/Halaman_Lampiran.pdf PURWANTI , PURWANTI (2011) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070166
spellingShingle L Education (General)
PURWANTI , PURWANTI
PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_fullStr PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_full_unstemmed PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_short PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN PROPORSI WAKTU BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN AJARAN 2010/ 2011
title_sort pengaruh pola asuh orang tua dan proporsi waktu belajar terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas x smk diponegoro salatiga tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13268/
work_keys_str_mv AT purwantipurwanti pengaruhpolaasuhorangtuadanproporsiwaktubelajarterhadapprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxsmkdiponegorosalatigatahunajaran20102011