PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13267/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995834145669120 |
---|---|
author | HAPSARI , ANITA DWI |
author_facet | HAPSARI , ANITA DWI |
author_sort | HAPSARI , ANITA DWI |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa
tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan
media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang
variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi
belajar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah I Surakarta.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 322 siswa.
Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik
proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji-cobakan
dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif.
Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 10,868 + 0,222X1 +
0,262X2 yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang
variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang
diperoleh adalah: (1) persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh
terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung
X1 = 2,177 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (2)
pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini
terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 3,830 lebih besar dari ttabel
(1,980) pada taraf signifikansi 5%. (3) persepsi siswa tentang variasi mengajar
guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh
positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang
memperoleh Fhitung sebesar 10,513 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf
signifikansi 5%. (4) Sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi persepsi
siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar
5,63% sedangkan kontribusi pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi
belajar adalah sebesar 15,77%, sehingga total sumbangan persepsi siswa tentang
variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar adalah sebesar 21,4%, sisanya sebesar 78,6% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13267 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13267 https://eprints.ums.ac.id/13267/ PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 HAPSARI , ANITA DWI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar, 2) pengaruh pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar, 3) pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode asosiatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah I Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji-cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier ganda, uji F, uji t, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 10,868 + 0,222X1 + 0,262X2 yang artinya motivasi belajar dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran. Kesimpulan yang diperoleh adalah: (1) persepsi siswa tentang variasi mengajar guru berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X1 = 2,177 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (2) pemanfaatan media pembelajaran berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung X2 = 3,830 lebih besar dari ttabel (1,980) pada taraf signifikansi 5%. (3) persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 10,513 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikansi 5%. (4) Sumbangan efektif menunjukkan bahwa kontribusi persepsi siswa tentang variasi mengajar guru terhadap motivasi belajar adalah sebesar 5,63% sedangkan kontribusi pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar adalah sebesar 15,77%, sehingga total sumbangan persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar adalah sebesar 21,4%, sisanya sebesar 78,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/7/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13267/17/LAMPIRAN.pdf HAPSARI , ANITA DWI (2011) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070134 |
spellingShingle | L Education (General) HAPSARI , ANITA DWI PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG VARIASI MENGAJAR GURU DAN
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH I SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh persepsi siswa tentang variasi mengajar guru dan pemanfaatan media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa kelas viii smp muhammadiyah i surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13267/ |
work_keys_str_mv | AT hapsarianitadwi pengaruhpersepsisiswatentangvariasimengajargurudanpemanfaatanmediapembelajaranterhadapmotivasibelajarsiswakelasviiismpmuhammadiyahisurakartatahunajaran20102011 |