PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SETIASIH , SETIASIH
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2011
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/13266/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995833873039360
author SETIASIH , SETIASIH
author_facet SETIASIH , SETIASIH
author_sort SETIASIH , SETIASIH
collection ePrints
description Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung > ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940 > 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:13266
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2011
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:13266 https://eprints.ums.ac.id/13266/ PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 SETIASIH , SETIASIH L Education (General) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung > ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940 > 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/9/BAB__V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/18/LAMPIRAN.pdf SETIASIH , SETIASIH (2011) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070123
spellingShingle L Education (General)
SETIASIH , SETIASIH
PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ips ekonomi pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/13266/
work_keys_str_mv AT setiasihsetiasih pengaruhpengelolaankelasdanmediapembelajaranterhadapprestasibelajaripsekonomipadasiswakelasviiismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20102011