PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahu...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2011
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/13266/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804995833873039360 |
---|---|
author | SETIASIH , SETIASIH |
author_facet | SETIASIH , SETIASIH |
author_sort | SETIASIH , SETIASIH |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas
dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa.
Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik
proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah
diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang
digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan
sumbangan relatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda
sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa
dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis
dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh
terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil
perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung >
ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap
prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung
untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940
> 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama-
sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII
SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang
memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi
5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2
sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi
belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran
sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam
penelitian ini. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:13266 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English English English English English English English |
publishDate | 2011 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:13266 https://eprints.ums.ac.id/13266/ PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 SETIASIH , SETIASIH L Education (General) Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 322 siswa. Sampel dalam penelitian adalah sebanyak 80 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling cara undian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F dan sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 74,039 + 0,450.X1 + 0,482.X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan media pembelajaran. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel pengelolaan kelas sebesar 2,500 sehingga thitung > ttabel atau 2,500 > 1,980 (α = 0,05 ). (2) Media pembelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel media pembelajaran sebesar 2,940 sehingga thitung > ttabel atau 2,940 > 1,980 (α = 0,05). (3) Pengelolaan kelas dan media pembelajara secara bersama- sama berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS Ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 4,798 lebih besar dari Ftabel (3,07) pada taraf signifikasi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,111, berarti 11,1% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel pengelolaan kelas dan media pembelajaran sisanya sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini. 2011 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/1/COVER.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/4/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/7/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/9/BAB__V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/13266/18/LAMPIRAN.pdf SETIASIH , SETIASIH (2011) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. A210070123 |
spellingShingle | L Education (General) SETIASIH , SETIASIH PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_short | PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS EKONOMI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 |
title_sort | pengaruh pengelolaan kelas dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ips ekonomi pada siswa kelas viii smp muhammadiyah 1 surakarta tahun ajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/13266/ |
work_keys_str_mv | AT setiasihsetiasih pengaruhpengelolaankelasdanmediapembelajaranterhadapprestasibelajaripsekonomipadasiswakelasviiismpmuhammadiyah1surakartatahunajaran20102011 |